Persiapan Seleksi PKN STAN, Lulus Langsung Jadi PNS?

NETpoin.com - Masuk sekolah berbasis akademi, politeknik atau kedinasan merupakan dambaan bagi kebanyakan peserta didik selepas lulus bangku sekolah menengah atas dan kejuruan. Salah satu kedinasan favorit ini ialah Politeknik Keuangan Negara STAN, dimana setelah lulus putra putri terbaik bangsa ini dapat langsung diangkat menjadi PNS berbekal skill dan kompetensi yang didapat sejak masa pendidikan berlangsung.

Alumi PKN STAN biasanya dapat dengan mudah di terima pada berbagai institusi pemerintahaan ternama seperti kementerian keuangan (kemenkeu), Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Direktorat Bea dan Cukai, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan masih banyak instansi lainya.

Persiapan Seleksi PKN STAN

Namun jangan salah, karena untuk diterima menjadi siswa didikan PKN STAN tidaklah mudah, dari puluhan ribu calon peserta yang di terima sebanyak 750 mahasiswa (per tahun 2022). Dengan begitu tingkat kemampuan akademik dan ber wawasan terbaiklah yang akan di uji untuk dapat lolos seleksi STAN.


Persyaratan Umum Masuk STAN

Sebelum masuk lebih jauh perlu di ketahui untuk persyaratan umum masuk STAN, hal bisa dijadikan acuan untuk mempersiapkan dan menghindari apa saja yang menjadi kendala pada proses seleksi nantinya.

  • Lulusan SMA, MA, SMK atau sederajat tahun ajaran baru atau beberapa tahun setelahnya
  • Memiliki nilai ujian sekolah dengan nilai rata-rata minimal 70 dengan patokan 100
  • Umur minimal 17 tahun dan setinggi-tingginya 20 tahun pada tanggal 1 September
  • Belum menikah dan bersedia tidak nikah selama proses menjalani pendidikan di STAN
  • Bebas dari narkoba atau NAPZA.
  • Tidak mengalami buta warna.
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Khusus laki-laki tinggi badan minimal 165 cm dan wanita 155 cm
  • Menyiapkan Rp 350 ribu untuk biaya pendaftaran sekaligus biaya ujian SKD


Tahapan Seleksi PKN STAN 

Selanjutnya bagi anda yang tertarik dan sedang mempersiapkan seleksi stan ada baiknya mengenal 4 tahapan seleksi yang wajib dilalui diantaranya ialah:

1. Seleksi Administrasi

Tahapan awal merupakan Seleksi Administrasi di PKN STAN yaitu dengan menyaring peserta berdasarkan persyaratan untuk program reguler atau program afirmasi (dikhususkan untuk putra-putri daerah dari Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara). Berkas yang diperlukan bisa berupa:

  • KTP
  • Kartu Keluarga
  • Akta Lahir
  • Ijazah SD dan SMP
  • Ijazah Rapor SMA semester 1 – 5
  • Foto diri
  • Surat keterangan beserta dokument tambahan

Peserta yang lolos Seleksi Administrasi dan sudah melakukan pembayaran. Pada penyelenggaraan tahun lalu, biaya pendaftaran SPMB PKN STAN sebesar Rp350.000, ini sama seperti pendaftaran pada kampus negeri regular lainya, selanjutnya lanjut ada tes SKD.


2. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

Seperti halnya masuk CPNS jalur leguler, seleksi PKN STAN juga memakai SKD yaitu sistem Computer Assisted Test (CAT) dari Badan Kepegawaian Negara (BKN). Tahap seleksi ini terdiri dari :

  • Tes Karakteristik Pribadi (TKP)
  • Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
  • Tes Intelegensi Umum (TIU)

Peserta seleksi PKN STAN dinyatakan lolos SKD jika memenuhi nilai ambang batas SKD sesuai ketentuan dan berada di peringkat yang sesuai dengan jumlah kebutuhan pada Seleksi Lanjutan I. Dengan sistem gugur peserta yang lolos Seleksi Lanjutan I berhak melanjutkan proses lanjutan yang telah ditentukan panitia pusat.


3. Seleksi Lanjutan I

Selanjutnya yaitu proses seleksi Lanjutan I terdiri dari :

  • Tes Kesehatan dan Kebugaran

Tes Kesehatan dan Kebugaran meliputi pemeriksaan tinggi dan berat badan, tekanan darah, test buta warna, atau pemeriksaan kesehatan lain yang ditentukan panitia pusat.

Peserta juga akan diuji lari mengelilingi lintasan selama 12 menit, pull up atau chinning, push up, sit up, atau aktivitas lain yang ditentukan panitia pusat. 

  • Tes Psikologi 

Tes Psikologi dilaksanakan berbasis komputer (Computer Based Test) dengan mengenakan pakaian formal kemeja putih dan celana hitam kain.

Peserta dinyatakan lulus Seleksi Lanjutan I apabila memenuhi kriteria kesehatan dan kebugaran serta kriteria kriteria psikologi. Nilai Seleksi Lanjutan I merupakan penjumlahan antara kedua kriteria dengan bobot masing-masing 50%.

Peserta juga wajib berada di peringkat yang sesuai dengan jumlah kebutuhan untuk dinyatakan lolos dan lanjut seleksi lanjutan II. seperti seleksi lanjutan I, jumlah kebutuhan peserta yang lulus Seleksi Lanjutan II ditentukan panitia pusat.


4. Seleksi Lanjutan II

Seleksi lanjutan II merupakan tes wawancara semi daring. Peserta mengikuti wawancara di tempat yang telah ditentukan dan pewawancara melakukan wawancara secara online dengan media video conference.

Peserta dinyatakan lulus Seleksi Lanjutan II bila memenuhi standar minimal kriteria wawancara dan berada di peringkat yang sesuai dengan jumlah kebutuhan. Jumlah peserta yang lulus SPMB PKN STAN juga ditentukan panitia pusat sesuai kuota penerimaan mahasiswa didik pada Angkatan tersebut.

Baca Juga: Gelar Mahasiswa Lulusan STAN

Demikian sekilas info tahapan seleksi masuk PKN STAN, apakah anda salah satunya yang berminat untuk masuk politeknik favorit ini? Jangan lupa untuk mempersiapkan diri baik sisi akademis dan fisik sedari di bangku sekolah menengah kawan.

Post a Comment