Panduan Belajar Nabung Emas LM / Batangan Lokal Lengkap

NETpoin.com - LM atau sebutan lain dari logam mulia telah lama menjadi komoditas primadona investasi yang diminati oleh beragam segment kalangan. Selain dinilai memiliki nilai yang stabil, emas juga efektif digunakan sebagai aset safe haven, investasi emas batangan LM juga dapat memberikan return keuntungan jangka panjang yang menggiurkan.

Jika Anda tertarik untuk memulai investasi emas batangan LM, berikut adalah cara nabung emas batangan LM berserta informasi kiat yang dapat membantu Anda meraih keuntungan finansial yang berkilau di kemudian hari.


Jenis Emas Batangan

Emas batangan berbeda dengan emas perhiasan. Emas batangan yang cocok untuk investasi tabungan adalah emas batangan dengan tingkat kemurnian di rentang 95.83% - 99.99% atau di kisaran 23-24 karat, bisa berbentuk batang press maupun non press.

Emas non press umumnya berbentuk potongan abstrak seperti batu tanpa cetakan sempurna, jenis emas ini biasa juga disebut emas cukim/lantakan lokal yang dijual masing-masing toko emas.

Merek emas batangan sangat beragam dengan beberapa brand yang cukup di kenal di indonesia adalah LM Antam (LBMA), Lotus Archi, UBS, EmasKita, Emasku, SMG Gold dan masih banyak lagi. Namun perlu diperhatikan karena masing-masing brand tersebut memiliki harga dan spread tersendiri.


Simulasi Cuan Menabung Emas Batangan vs Uang

Apakah Anda tipe orang yang sekedar menabung dengan menyimpan uang dalam bentuk uang cash di rumah atau uang tabungan mengendap di bank? Ada baiknya anda pelajari untuk beralih menabung dengan emas batangan.

Emas sudah lama menjadi aset yang jauh ada sebelum adanya uang kertas itu sendiri di ciptakan. Berikut grafik buyback emas batangan antam dalam kurun waktu 5 tahun terakhir.


grafik buyback emas 5 tahun terakhir
grafik buyback emas 5 tahun terakhir, via logammulia.com


Katakanlah anda memiliki uang tabungan di tahun 2018 april sebesar Rp 665.000 maka ada 2 hal yang bisa anda lakukan dengan uang tersebut :

  • Beli emas 1gr di (9/04/2018) = Rp 665.000, buyback jual di tahun 2023/04/15 = Rp 960.000

  • Menabung uang di tahun 2018 = Rp 665.000 di tahun 2023 = Rp 665.000 (belum tergerus inflasi)

*Simulasi diatas jika menyimpan uang dalam bentuk cash di rumah dalam kurun waktu 5 tahun.

Jika mengendapkan (menabung) di bank akan menambah kerugian, hal ini karena adanya potongan biaya admin setiap bulan. Kecuali menyimpan dalam bentuk deposito, deposito pun tidak bisa jika hanya Rp 665.000,- karena minimal deposito berkisar antara 5 s/d 10 juta (tiap bank berbeda) dan dengan imbal balik yang tidak begitu memuaskan.


Panduan Nabung Emas Batangan LM

Bagi anda yang awam pengetahuan tentang emas akan sedikit kami jelaskan beberapa istilah mendasar dunia per emasan untuk anda jadikan pedoman dalam menentukan sikap cara dan analisis emas sebelum beli emas.

Berikut istilah-istilah penting dalam jual-beli dan dunia investasi emas batangan LM lengkap penjelasannya:

  • Spread Emas : Adalah selisih dari harga jual kembali (keuntungan penjual, ongkos jasa & cetak) nominalnya bervariatif tergantung besaran gr emas, semakin kecil (gram nya) semakin besar spread nya dan semakin besar emas semakin kecil Spread nya.
  • BuyBack Emas : Merupakan patokan harga jual kembali saat anda menjual emas LM di butik LM atau Toko Emas lain. Buyback mengacu pada harga global dan real time, berfluktuasi tiap waktu dalam satuan troy ons.
  • Fluktuasi Emas : adalah kondisi turun-naiknya harga emas, dinamis berubah dari waktu ke waktu namun dapat di prediksi dan di analisis pergerakanya.
  • Capital Gain : Keuntungan dari emas adalah capital gain yaitu selisih harga kamu beli dan harga kamu jual kembali atau jika harga jual diatas harga beli (perlu waktu / lama simpan)
  • Troy Ons : adalah sebuah sistem satuan fisik massa yang biasanya digunakan untuk logam berharga, bubuk hitam, dan batu mulia, 1 Troy Ons = 31.1 gr (via Wikipedia)


Cara Menghitung Satuan Troy Ons Emas dalam IDR

- 1 Troy Ons = 31.1 gr

- Misalnya harga emas per Troy Ons (hari ini) adalah USD2.050

- Kurs USD IDR (hari ini) misalnya adalah Rp 15.000,-

Maka :

  • USD 2.050 / 31,1gr = $ 65,9/gram
  • $65.9 x USD IDR Rp 15.000 = Rp 988.745

Dengan begitu maka harga emas per gram di hari ini dalam IDR adalah sebesar Rp 988.745 per troy ons, belum termasuk belum ongkos dan jasa.

Lihat Update harga emas per Troy Ons di hari ini bisa anda cek di sini.



Harga emas per Troy Ons secara global cenderung berubah-ubah secara real-time setiap detik, menit dan jam, namun acuan harga toko biasanya ada pada harga per hari.

*Khusus di hari Sabtu dan Minggu tidak ada update harga emas per troy ons.

*Harga diatas sebagai acuan buyback emas batangan murni 99% atau 24k per 1 gram.


Cara Menghitung Keuntungan Emas LM yang Dimiliki

Contoh Kasus:

  • Misal anda membeli emas Batangan Antam 1 gram di (19/10/2022) sebesar : Rp 940.000,-
  • Anda berniat menjual emas anda dengan BuyBack 1 gr di hari ini (15/04/2023) : Rp 960.000,-
  • Maka keuntungan dari emas yang dimiliki adalah sebesar: Rp 20.000,-

Simulasi BuyBack antam update hari ini bisa anda lihat cek di sini BuyBack Emas batangan ANTAM LM.

Perlu di ketahui spread emas Antam per gram biasanya berkisar antara 100,000 (ukuran 1gr) s/d 47.000 (ukuran 1kg/1000gr)

*Harga belum termasuk pajak sebesar +0.45% jika menggunakan NPWP dan 0.90% jika non NPWP jika membeli di Butik Antam terdekat maupun online.


Tips Nabung Emas LM dapat Untung

Berikut ini beberapa poin parameter untuk anda yang bingung bagaimana menjual emas agar untung, kapan waktu yang tepat membeli emas dan kenapa merugi saat menjual emas LM.

  • Belilah emas LM saat harga emas Terjun bebas/anjlok (amati grafik per Troy Ons)
  • Jual di saat harga emas Reli / melambung tinggi
  • Semakin lama waktu menyimpan emas bisa semakin untung (tergantung posisi anda saat membeli)
  • Jangan membeli saat harga sedang tinggi di pucuk (amati grafik per troy ons)
  • Jual Emas LM jika sudah diatas harga beli (lihat di simulasi buyback)
  • Belilah emas batangan dengan Spread paling kecil
  • Hindari membeli emas kecil-kecil / mini (karena spread besar)
  • Jual emas LM di butik antam agar buyback maksimal


Nabung Emas Rugi! Jika

  • Menjual dibawah harga buyback per gram dari harga beli (terlalu cepat menjual).
  • Spread besar dengan ukuran gram yang kecil sehingga tidak sebanding dengan keuntungan yang diperoleh.
  • Membeli emas secara kredit atau berhutang (kredit menimbulkan Bunga).

Jangan lupa amati tren harga emas, serta analisis faktor-faktor ekonomi, suku bunga The Fed dan geopolitik yang dapat mempengaruhi harga emas, sebab lama waktu menyimpan emas tidak selalu menjadi patokan, bisa jadi anda membeli saat harga tinggi dan menjual saat harga kembali normal.


Konklusi

Menabung emas batangan sangat tepat bagi anda yang memiliki rencana membeli rumah dengan menabung emas, rencana haji dengan menabung emas, hingga persiapan pendidikan anak dengan menabung emas.

Karena nilai emas yang fluktuatif dan tidak mudah tergerus oleh inflasi, kondisi ekonomi dan cenderung menguntungkan melalui capital gain sehingga membuat menabung emas batangan lebih baik ketimbang menabung dalam bentuk uang dan deposito.

Pastikan anda memiliki safe deposit box atau brankas mini pribadi jika menyimpan emas batangan dirumah agar lebih aman.

Post a Comment