Perbedaan Emas Batangan dan Perhiasan, Untung Mana?

NETpoin.com - Berencana membeli emas namun bingung perbedaan antara emas batangan dengan emas perhiasan, lebih untung yang mana serta apa perbedaan dan kelebihanya? Tampaknya anda perlu mencermati poin berikut sebelum membeli emas yang cocok untuk tabungan anda.


Investasi Emas?

Emas adalah salah satu logam paling berharga di dunia dan telah digunakan sebagai alat tukar sejak ribuan tahun yang lalu. Emas disebut juga Logam Mulia dengan catatan emas yang dimaksud adalah emas batangan dengan kadar kemurnian 24 karat. 

Banyak yang menyangkal jika emas bukanlah merupakan aset investasi namun lebih ke aset safe haven, apa itu maksudnya? Safe Haven yaitu aset lindung nilai, misalnya anda memiliki uang tunai sejumlah 14 juta di tahun 2010, di saat itu mungkin anda masih bisa membeli motor baru honda/yamaha secara cash.

Namun di tahun 2023 atau tahun-tahun kedepan apakah masih bisa membeli motor baru seharga tersebut? Tentu tidak bisa lagi dengan minimal harga yang jauh lebih mahal.

Keadaan yang demikian ini terjadi karena nilai rupiah yang semakin menyusut karena inflasi, hal ini berbeda jika anda menjadikan uang anda dalam bentuk aset emas yang nilainya tidak tergerus oleh inflasi.


Faktor Naik Turunya Emas

Harga emas murni sangat Fluktuatif, atau naik turun secara realtime (kecuali sabtu & minggu), dimana setiap harinya bisa terjadi kenaikan maupun penurunan dalam satuan troy ons, di sisi lain fine gold menunjukan tren peningkatan harga dalam setiap tahunya.

Emas murni akan mencapai harga terbaik atau terjadi kenaikan signifikan yang biasa disebut ‘reli’ pada saat stabilitas ekonomi global tidak sedang baik-baik saja, seperti adanya krisis ekonomi, pandemi seperti pada tahun 2020, peperangan, permintaan emas yang meningkat.

Sedangkan harga emas akan melemah pada saat The Fed menaikan suku bunga acuan, dan penguatan dolar AS, selain itu ada beberapa faktor lainya yang membuat harga logam mulia terjun ke level terendah.

Namun perlu di ketahui emas itu apakah emas perhiasan atau emas batangan yang baik untuk aset lindung nilai anda, berikut perbedaanya:

 

Beda Emas Batangan dan Emas Perhiasan

Emas ditemukan dalam berbagai bentuk dan ukuran, termasuk sebagai batangan atau perhiasan karena sebenarnya keduanya memiliki karakteristik, fungsi dan nilai tersendiri.

Berikut, apa perbedaan antara emas batangan dan emas perhiasan yang perlu dipahami sebelum membeli salah satu dari keduanya:


1. Emas Batangan

Emas batangan adalah bentuk emas kepingan kecil atau bentuk batang besar dengan kadar Emas 24 Karat yang berarti mengandung angka 99,00-99,99%, sebuah nilai yang mendekati kemurnian penuh.

Perbedaan Emas Batangan dan Perhiasan untuk Investasi

Emas batangan biasanya dijual dalam bentuk kepingan emas beragam ukuran seperti: 

  • Emas Batangan 1 gr
  • Emas Batangan 2 gr
  • Emas Batangan 3 gr
  • Emas Batangan 5 gr
  • Emas Batangan 10 gr
  • Emas Batangan 25 gr
  • Emas Batangan 100 gr
  • Emas Batangan 250 gr
  • Emas Batangan 500 gr
  • Emas Batangan 1000 gr (1kg)

Atau ukuran Mini Gold seperti 0.5 gr 0.25 gr dan lebih kecil lagi, keseluruhan emas batangan ini dijual dengan harga yang sesuai dengan harga pasar emas global. meskipun semakin kecil emas semakin besar spread nya sebagai ongkos biaya bikin dan laba.

Merek Emas batangan yang populer diantaranya: Antam, UBS, Lotus Archi, Emas Kita, Galeri 24 selain itu ada juga emas batangan merek lokal lain yang diproduksi oleh tiap jewelery atau toko emas lokal di daerah anda.


Keuntungan Emas Batangan

Salah satu keuntungan membeli emas batangan adalah nilai emas tersebut biasanya lebih stabil daripada harga saham atau obligasi. Harga emas cenderung naik seiring waktu, meskipun fluktuasi pasar harian dapat terjadi. 

Fisik Emas batangan juga dapat disimpan di brankas atau di safe deposit box pribadi di rumah. Emas batangan sering dianggap sebagai bentuk investasi yang lebih aman daripada bentuk investasi lainnya karena nilainya yang stabil.


2. Emas Perhiasan

Emas perhiasan, di sisi lain, adalah bentuk emas yang paling umum digunakan untuk perhiasan badan seperti kalung emas, gelang emas, anting, liontin dan cincin emas.

Emas Perhiasan 750 atau 18 karat

Emas perhiasan dibuat dengan campuran logam lain, seperti perak atau tembaga, untuk meningkatkan kekuatan dan daya tahan perhiasan, karena emas murni cenderung memiliki sifat lunak.

Emas perhiasan terdiri dari satuan karat yang beragam dengan kode emas mulai dari:

  • Emas 375 atau 9K
  • Emas 585 atau 14K
  • Emas 700 atau 17K
  • Emas 750 atau 18K

Contoh perhitungan emas adalah sebagai berikut, Emas 18 karat berarti 18/24 persen, alias kemurnian emas 75%, atau 750.

Harga Emas perhiasan cenderung lebih beragam tergantung karatnya, semakin rendah karat semakin kuat perhiasan dan harga lebih rendah begitupun sebaliknya.


Kelebihan Emas Perhiasan

Salah satu keuntungan dari membeli emas perhiasan adalah ia memiliki nilai estetika yang tinggi, karena orang sering membeli emas perhiasan untuk di kenakan karena keindahannya. 

Emas perhiasan juga dapat menjadi investasi yang baik jika dibeli dengan harga yang wajar dan dijual dengan harga yang lebih tinggi di masa depan. 

Namun, emas perhiasan cenderung kurang stabil daripada emas batangan, karena harga perhiasan biasanya mengikuti harga toko meskipun tetap mengikuti harga emas dunia dari sisi berapa % tingkat kemurnianya.


Lebih Untung Emas Batangan atau Perhiasan?

Perbedaan utama antara emas batangan dan emas perhiasan adalah tujuan pembelian. Emas batangan dibeli sebagai bentuk investasi, sedangkan emas perhiasan dibeli untuk tujuan estetika dan kecantikan.

Jika akan dijadikan tabungan sebagai bentuk investasi dengan menyimpan uang dalam bentuk emas, maka emas Batangan atau Fine Gold 24K lah yang terbaik untuk anda beli, dengan harga jual kembali (buyback) yang jelas dan mengikuti harga pasar dunia.

Sedangkan emas perhiasan lebih cocok untuk anda yang ingin bersolek dengan keindahan emas untuk di kenakan, meski harga jual kembali tidak sebaik emas batangan murni karena bergantung harga buyback di toko tempat anda membeli emas.

Baik emas batangan dan emas perhiasan keduanya memiliki spread emas (selisih antara harga jual dan beli emas) yang perlu anda pertimbangkan ketika akan menjual kembali atau buyback toko emas.

Post a Comment