Cara Melihat Akreditasi Jurusan dan Universitas Negeri & Swasta

NETpoin.com - Akreditasi merupakan salah satu acuan para calon siswa peserta didik baru atau disebut maba (mahasiswa baru) untuk mengetahui kualitas dan mutu universitas PTN dan PTS yang akan di pilih siswa menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Akreditasi dalam lembaga perguruan tinggi ini berada dalam beberapa tingkatan value mulai dari Unggul, Baik Sekali dan Baik yang menggantikan menggantikan akreditasi lama dengan kriteria penilaian akreditasi A, B dan C.

Semakin tinggi kualitas pendidikan berpengaruh kepada tingginya standar yang di terapkan kepada mahasiswa pada setiap perguruan tinggi, seperti dalam memperoleh nilai dan metode pendidikan disamping beberapa aspek lain.


Mengetahui Akreditasi Jurusan dan Universitas Negeri & Swasta


Akreditasi Jurusan dengan Universitas, Beda ?

Ya, mungkin dari Anda baru menyadari atau baru mengetahui jika akreditasi itu berbeda antara akreditasi fakultas jurusan dengan akreditasi universitas atau institusi. Dimana akreditasi jurusan merupakan sub dari induk universitas yang menaunginya.

Karena masing-masing jurusan dalam sebuah kampus juga memiliki kinerja dan mutu tersendiri yang dilakukan oleh dikti dan tim lembaga terkait dalam menilai sebuah jurusan kampus tersebut layak atau tidak diberi Akreditasi Baik, Baik Sekali dan Unggul yang berlaku 5 tahunan pada setiap kampus di seluruh Indonesia.


Pentingnya Sertifikat Akreditasi Jurusan

Jika anda masih kuliah mungkin sertifikat Akreditasi tidak begitu penting, akan tetapi jika Anda sudah memasuki dunia kerja maka sertifikat akreditasi ini sangatlah dibutuhkan, meskipun tidak semua perusahaan dan lapangan kerja memerlukannya sebagai persyaratan.

Biasanya yang membutuhkan sertifikat akreditasi ini adalah perusahaan sekelas BUMN dan pemerintahan dengan seleksi ketat dan bersaing dalam mencari bibit karyawan yang mumpuni untuk menjadi bagian dari timnya.

Akreditasi jurusan pada fakuktas kampus Anda ini juga sangat penting ketika akan melamar CPNS karena pada persyaratanya terdapat unggahan sertifikat akreditasi jurusan yang mesti harus dilampirkan, agar lolos seleksi Administrasi awal.


Cara Melihat Akreditasi Jurusan di Kampus

Mengecek akreditasi suatu kampus adalah upaya awal sebelum mendaftar menjadi mahasiswa di kampus yang sudah anda rencanakan. Pengecekan akreditasi bisa dilihat pada:

1. Website Resmi Universitas Masing-masing

Biasanya sertifikat Akreditasi ini disediakan oleh kampus pada laman situs website resmi kampus masing-masing. Atau setidaknya di pampang akreditasi di tahun terbaru.

2. Situs resmi BAN-PT

Kamu juga bisa melakukan pengecekan di laman web resmi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) untuk semua kampus di Indonesia yang beralamat di www.banpt.or.id

Caranya pada halaman awal pilih menu Data Akreditasi, dan pilih Institusi atau Program Studi dengan melakukan pencarian melalui Kolom pencarian diatas masing masing tabel.

Jika dibutuhkan kamu bisa melakukan screenshot pada laman yang di tampilkan. Sekian info tentang mencari info akreditasi prodi dan universitas di indonesia, semoga bermanfaat.

Post a Comment