Paduan Cara Melamar Pekerjaan di PT atau Kantoran

NETpoin.com - Melamar pekerjaan setelah lulus SMA/SMK hingga jenjang universitas D3/S1 biasa dilalui para jobsekeers. Bagi anda para fresh graduate yang benar-benar baru terjun ke dunia kerja, tentu masih bingung dan mencari informasi bagaimana sih sebenarnya alur dan cara melamar kerja di PT pabrik, tambang, hingga kantoran perusahaan berbagai jasa di Indonesia itu?

Kali ini admin akan berikan informasi mengenai alur dan cara melamar pekerjaan secara umum agar memberi gambaran kepada anda tentang bagaimana cara melamar pekerjaan untuk fresh graduate hingga menjadi karyawan training/probation, keadaan ini juga berlaku untuk melamar kerja secara organik maupun melalui vendor outsourcing.


Alur Proses Mendapatkan Pekerjaan

Melamar pekerjaan dimanapun tempatnya setidaknya akan melewati 4 poin utama berikut, yaitu: pendaftaran – proses seleksi – Kontrak – Training & Penempatan, dimana masing-masing proses rekrutmen bisa di jabarkan lebih spesifik lagi sebagai berikut:

Cara Melamar Pekerjaan di PT dan Kantoran

Mencari Loker dan Mendaftar Pekerjaan

Cara mendaftar dan mencari pekerjaan sangat beragam, setidaknya berikut beberapa cara mendaftar loker yang efektif yang bisa kamu lakukan diantaranya:


  • Melalui Job Fair / Job Fair Virtual
  • Melalui Informasi Ioker di Instagram, Linkedin, Email
  • Website Portal Loker seperti Jobstreet, karir, kalibrr, indeed dsb
  • Web karir resmi dari perusahaan
  • Drop CV di perusahaan tujuan secara langsung
  • Menghadiri Walk In Interview di perusahaan
  • Referensi & relasi kerabat yang bekerja 


Walk In Interview adalah suatu proses rekrutmen dengan mempersilahkan kandidat untuk menghadiri secara langsung guna menjalani proses wawancara awal dan seleksi administrasi secara langsung yang diadakan pada tempat, jam dan tanggal yang telah di tentukan.

Drop CV merupakan cara melamar konvensional dengan menitipkan berkas lamaran lengkap yang telah dimasukan kedalam amplop coklat dan di titipkan ke satpam PT atau bagian terkait seperti HRD.

Secara keseluruhan anda bisa memilah loker mana yang sesuai dengan kualifikasi dan minat anda dan metode termudah bagimu untuk kemudian mencoba mendaftarkan diri anda ke PT tersebut.


Seleksi Administrasi

Seleksi administrasi kerja adalah proses mereview resume dari CV dan berkas-berkas yang anda kirimkan ke perusahaan tujuan, baik itu berupa berkas soft file yang di kirim dari email, google form, web atau berkas hard file berupa FC dalam amplop coklat.

Berkas lamaran kerja untuk seleksi administrasi ini diantaranya adalah berisi Surat Lamaran, CV, FC Ijazah, transkrip, KTP, KK, Sertifikat & SKCK (optional) 

Setelah kamu melamar/ mendaftar yang selanjutnya kamu lakukan adalah menunggu panggilan lanjutan tergantung dengan cara apa anda melamar loker tersebut.

Apabila lolos administrasi, kamu akan mendapat informasi via telepon, Email atau via WhatsApp untuk dijadwalkan proses lanjutan berupa wawancara/psikotest kerja, jadi pastikan Nomor ponsel dan WA anda aktif ya.


Wawancara Awal

Wawancara awal adalah wawancara yang di lakukan oleh HR di tiap perusahaan untuk screaning awal, pemeriksaan berkas administrasi, menilai karakter dan menggali minat bakat yang sesuai dengan posisi loker yang di apply kandidat.

Biasanya Anda juga akan diminta untuk mengisi formulir yang di sediakan oleh tim HR perusahaan. 


Psikotes Kerja

Setelah tahapan proses interview HR biasanya akan langsung di lanjut ke proses psikotest, pada test ini adalah untuk mengukur kemampuan IQ atau berpikir, daya tahan kerja, tingkat emosi, ketertarikan bidang dan karakter pribadi.

Psikotest bisa dilakukan secara tulis manual atau juga secara online menggunakan perangkat komputer dengan website dan jaringan internet.

Test yang dilakukan di tiap perusahaan amatlah unik dan berbeda beda, namun psikotest secara garis besar akan berisi:

  • Tes Penalaran Logika dan Aritmatika
  • Tes Menggambar pohon dan orang
  • Tes Warteg (melengkapi gambar dalam 8 kotak)
  • Tes Krapelin Pauli (tes hitung cepat)
  • Tes EPPS (tes kepribadian dalam 2 pilihan 90-120 soal)
  • Tes IQ dan Spasial
  • Tes Kompetnsi Bidang (Excel jika admin, Coding jika IT)

Selain itu ada juga FGD atau Forum Group Discusion, tes FGD biasanya di terapkan pada seleksi loker staff tingkat middle seperti leader, SPV dan Management Trainee (MT) di perusahaan terkemuka.

Jika sudah melalui proses interview dan psikotest lengkap yang diadakan oleh perusahaan, maka kamu akan diberi waktu menunggu selama 2 minggu untuk pengumuman lolos seleksi.


Interview User

Interview User adalah interview akhir yang diadakan oleh perusahaan sampai disini peluang di terima sebagai karyawan adalah 80%.

Sedangkan yang melakukan interview user adalah orang yang akan menjadi bakal calon atasanmu seperti SPV, Manager Area atau bisa juga hingga level direksi.

Setelah itu kamu akan di minta menunggu kembali untuk pengumuman kelulusan dan di lanjut tanda tangan kontrak kerja serta penempatan.


MCU dan Kontrak Kerja

MCU (Medical Check Up) merupakan pemeriksaan kesehatan calon kandidat yang dibiayai oleh perusahaan. Tidak semua perusahaan mempersyaratkan test MCU kepada para calon karyawan, karena ada juga yang lolos interview akhir langsung proses tanda tangan kontrak.

Pada saat proses kontrak kerja biasanya akan di minta menempelkan materai pada bagian sign a letter sebagai pengesahan dan pengikatan perjanjian kerja bahwa anda menyetujui kontrak yang telah di sepakati oleh calon kandidat.

Pastikan sobat memahami dan menyetujui tanpa paksaan pada setiap poin pasal perjanjian yang di sodorkan, poin yang perlu anda cermati dan bisa anda tanyakan diantaranya adalah:


  • Apakah ada pinalty apabila mengundurkan diri sebelum PKWT/PKWTT berakhir.
  • Apakah ada penahanan ijazah asli oleh perusahaan.
  • Apakah ada kalusul larangan menikah selama kontrak.
  • Kompensasi potongan atas ke tidak hadiran seperti ijin/sakit.
  • Hak cuti apabila mendapatkan.
  • Kesesuaian rincian benefit yang di dapat.


Akhir Kata

Melamar kerja di perusahaan ternama dengan gaji pegawai yang diatas harapan memang penuh persaingan, demikian terjadi karena kebutuhan yang tidak sebanding dengan banyaknya peminat kerja.

Karenanya, sobat netpoin perlu melatih diri agar menjadi kandaidat yang terpilih nantinya terutama untuk sesi interview dan psikotest kerja.

Meskipun kamu fresh grad minim pengalaman kerja, anda juga tidak perlu berkecil hati, karena dengan kemauan, optimisme, attitude dan value yang anda miliki dimasa pendidikan, perusahaan tentu memberi kesempatan kepada anda para fresh grad untuk berkarir.

Pastikan kamu terus upgrade skill sesuai dengan bidang dan pasion yang anda senangi dan jangan lupa untuk tetap semangat mencari keberuntungan ya, semoga rejeki berpihak kepada anda.

Post a Comment