Cara Daftar BPJS Ketenagakerjaan Untuk Pengajuan KUR

Cara Daftar BPJS Ketenagakerjaan syarat KUR

NETpoin.com - KUR 2023 telah di buka di Bank BUMN maupun bank pemerintah daerah (BPD) dimana kredit subsidi pemerintah ini menawarkan suku bunga khusus dengan start bunga 6% per tahun dengan kriteria belum pernah menikmati kredit KUR sebelumnya dan penerapan skema bunga berjenjang hingga 9%.

KUR tahun 2023 ini tampaknya ada sedikit perbedaan dimana debitur wajib mengikuti kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan sebagai syarat pengajuan KUR bagi pelaku usaha kecil dan mikro UMKM yang tampaknya baru kali ini di terapkan yaitu pada kebijakan KUR tahun 2023.

Dimana syarat ini sebelumnya tidak perlu menggunakan BPJS Tk sebagai syarat permohonan hutang di bank, utamanya untuk Kredit Usaha Rakyat program pemerintah dengan bunga yang murah ketimbang kredit konvensional atau regular dari bank issuer.

BPJS Ketenagakerjaan otomatis diperoleh pekerja kantoran dan pabrik pada umumnya, karena biasanya akan di daftarkan oleh hrd perusahaan tempat pekerja tersebut bekerja. Namun untuk pelaku UMKM masuk kategori bukan penerima upah atau BPU sehingga perlu mendaftarkan secara mandiri.


BPJS Tk berbeda dengan BPJS Kesehatan

BPJS Tk (ketenagakerjaan) sering di salah artikan sama dengan BPJS Kesehatan, padahal keduanya berbeda, perbedaan terletak dalam hal perlindungan. Karena BPJS Tk di khususnya untuk jaminan pelindungan pekerja dari kematian (JKM), kecelakaan kerja (JKK), pemutusan hubungan kerja dan jaminan hari tua (JHT) dengan masing-masing manfaat bisa anda baca disini

Adanya KUR dengan syarat wajib aktif menjadi kepesertaan BPJS ketenagakerjaan ini di dasari pada perlindungan social yang di dapat debitur dengan.

Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk melindungi pelaku retail UMKM dan pekerja dari risiko yang mungkin terjadi selama menjalankan usaha seperti kecelakaan kerja dan jaminan kematian.

BPJS Tk bukan penerima upah (BPU) untuk pelaku usaha kecil menengah bisa mendaftarkan secara mandiri berikut beberpa poin informasi yang bisa anda perhatikan sebelum melakukan pengajuan.


Syarat Membuka BPJS ketenagakerjaan:

- Memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) atau Kartu Tanda Penduduk (KTP)

- Alamat Email Aktif


Metode pendaftaran BPJS Tk ada 2 yaitu:

- Online (Daftar dari situs website dari HP atau Komputer)

- Offline (mengunjungi kantor BPJS Tk terdekat)


Cara Daftar & Membuat BPJS Ketenagakerjaan (Tk)

Adapun cara pengajuan pembuatan BPJS Ketenagakerjaan secara online ini sangat mudah dan dapat dilakukan dengan mengikuti step-step berikut ini:


  1. Registrasi melalui website BPJS Ketenagakerjaan di bpjsketenagakerjaan.go.id
  2. Pilih Tombol Pendaftaran Peserta lalu pilih Bukan Penerima Upah (BPU)
  3. Atau bisa langsung masuk pada kalan di alamat https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/bpu
  4. Masukkan alamat email dan kode captcha, klik DAFTAR
  5. Cek email dan klik aktivasi pendaftaran
  6. Isi data individu (Pekerja BPU)
  7. Lakukan pembayaran iuran setelah kode iuran diterima melalui email
  8. Kartu kepesertaan diterima paling lama 7 (tujuh) hari setelah pembayaran iuran


Besaran Iuran BPJS Tk Bukan Penerima Upah

Tidak seperti pekerja pada umumnya, BPU tidak menerima upah reguler dari perusahaan atau pemberi kerja, maka dari itu iuran BPJS BPU tidak dihitung dari upah individu. Iuran BPJS ini dihitung dari nominal tertentu dan ditetapkan berdasarkan besaran pendapatan individu.

Berdasarkan PP No. 44 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Program JKK dan JKM berikut ini besaran iuran yang harus dibayarkan: 


JKK = 1% dari penghasilan, paling sedikit Rp 10.000 dan paling tinggi adalah Rp 207.000 

JKM =  Rp 6.800 per bulan

JHT = 2% dari penghasilan dengan minimal RP 20.000 hingga maksimal Rp 414.000  (diatur dalam PP No.46 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Program JHT)


Jangka waktu iuran BPJS Ketenagakerjaan

Peserta BPJS Tk BPU bisa memilih periode pembayaran iuran sekaligus dimuka dengan periode pembayaran tertentu sesuai dengan kesanggupan dengan tenggang waktu sebagai berikut:

  • 1 bulan
  • 3 bulan
  • 6 bulan atau
  • 12 bulan /1 tahun

Metode iuran BPJS ketenagakerjaan bisa dilakukan dengan beragam cara, bisa membayar lewat mBanking, iBanking, dompet digital atau aplikasi belanja online atau e-commerce yang sering anda gunakan dengan kode iuran Virtual Account (VA) atau secara auto debet dengan melakukan pendaftaran rekening agar otomatis memotong saldo setiap jatuh tempo.

Demikian beberpa poin informasi untuk anda yang akan melakukan pendaftaran BPJS Tk ini, beberpa manfaat dan kelebihan lain terkait program BPJS Tk dapat anda simak di kanal resmi BPJS Ketenagakerjaan sekian informasi kali ini, semoga dapat mengedukasi sobat NETpoin.

Post a Comment