Syarat Pengajuan KUR 2023 agar disetujui Bank, SLIK Penting?

NETpoin.com - Membangun sebuah usaha perlu modal yang tidak sedikit untuk mengawalinya. Bagi yang usahanya telah berjalan, konsisten dan meningkatkan profitabilitas merupakan tantangan utama untuk menghadapi competitor, karena perlu inovasi dan berkspansi dengan membuka gerai cabang di lain daerah juga perlu di pertimbangkan.

Permodalan bagi pelaku UMKM dengan mengambil KUR (Kredit Usaha Rakyat) bisa menjadi angin segar untuk memperoleh pendanaan dari pihak perbankan BUMN dan BUMD karena bisa mendapat suntikan modal usaha dengan bunga cicilan ringan. Terlebih KUR tahun 2023 telah dirilis pemerintah dengan skema dan persyaratan yang berbeda dari tahun sebelumnya.

Program KUR adalah program dari pemerintah dengan memberi subsidi potongan bunga bagi pelaku ukm retail sehingga bunga cicilan jauh lebih ringan ketimbang kredit konvensional.

Bunga KUR biasanya sebesar 6% per tahun maksimal plafond 500 juta dengan tenor hingga 5 tahun ke depan. Sehingga pelaku UKM perlu memanfaatkan KUR untuk beragam keperluan pengembangan bisnis retail anda diantaranya:

  • Renovasi tempat Usaha
  • Menambah Stok Barang
  • Menambah Gerai / Cabang baru
  • Membuat inovasi Produk Baru

Namun pengajuan KUR tidak semua debitur akan di acc dengan mulus, karena bank tetap mempertimbangkan resiko-resiko yang dapat terjadi jika asal meloloskan untuk memberikan kredit kepada nasabahnya, yaitu dengan menerapkan prinsip 5C dan analisis riwayat kredit.

Guna menekan NPL, perbankan biasanya menerapkan screening awal yang ketat melalui analisis iDeb SLIK, dimana riwayat angsuran debitur pada semua kredit terdahulu di nilai dan di pertimbangkan untuk memutuskan dan menyetujui pengajuan KUR atau tidaknya walaupun asset dan kapasitas angsuran mencukupi.

Program KUR umumnya bank nyetujui maksimal kolektibilitas 2 (kol 2) dengan status DPK atau dalam perhatian khusus, karena kol 2 ini berarti nasabah pernah melakukan kredit dan terlambat bayar antara 1-90 hari.


Syarat Pengajuan KUR 2023 untuk UMKM

Syarat berikut netpoin kutip dari syarat pengajuan KUR bank BPD di jawa tengah. Sehingga bisa menjadi acuan anda dalam sisi kelengkapan berkas administrasi jika pengajuan di bank lain termasuk 4 bank BUMN.

KUR 2023 menerapkan sistem bunga berjenjang 6%, 7%, 8% dan 9% dimana jika telah menikmati KUR sebelumnya maka akan mendapat bunga di atasnya, dengan akumulasi jumlah plafond max 500juta per kepala. Berikut ini beberapa syarat untuk pengajuan KUR yang bisa menjadi perhatian anda saat akan mengambil cicilan kredit kur di bank:

  1. FC KTP Pemohon & Pasangan
  2. FC Kartu Keluarga
  3. FC Surat Nikah
  4. FC NPWP jika plafond diatas 50jt
  5. Pas Foto Pemohon & Pasangan
  6. Jaminan Sertipikat SHM (Jika di pinjaman di atas 100jt)
  7. SPPT PBB dan bukti bayar pajak terbaru
  8. SIUP / TDP / NIB / Surat usaha dari kelurahan
  9. Tidak sedang mimiliki KUR & kredit produktif di bank lain

Syarat diatas merupakan syarat umum, dimana masing-masing bank mungkin ada yang mengabaikan beberapa poin persyaratan diatas, namun tidak ada salah nya untuk anda persiapkan terlebih dahulu agar sewaktu di minta tidak repot menyiapkan kembali.


Cara Agar KUR di Setujui oleh Bank

Poin berikut ini bisa menjadi pedoman agar mengambil KUR di setujui bank tanpa reject aplikasi permohonan kredit, karena selain karakter, kemampuan dan pola pembayaran angsuran anda juga di pertimbangkan, beberpa poinnya adalah:

  • Pastikan berkas Administrasi diatas lengkap
  • Hindari telat mencicil kredit termasuk leasing & payleter
  • Jaminan jelas & tidak ada sengketa bila berupa sertipikat
  • Jaminan tidak telat pajak jika BPKB
  • Laba pendapatan anda mencukupi untuk angsuran
  • Tujuan dana untuk pengembangan usaha
  • Usaha adalah milik sendiri atau suami isteri


Cara Menjaga BI Checking / iDeb SLIK

SLIK OJK (Sistem Layanan Informasi Keuangan) penyebutan terbaru dari BI Checking, merupakan acuan pihak perbankan untuk menilai, menimbang dan menganalisa riwayat kredit secara keseluruhan calon debitur untuk pre screening awal proses pengajuan kredit KPR, KUR dan kredit konvensional.

Untuk menjaga iDeb anda dari di tolaknya pengajuan kredit di kemudian hari oleh bank ternama, adalah dengan cara menjaga angsuran cicilan kredit tepat waktu, karena keterlambatan cicilan kredit semua akan ter record dalam informasi debitur SLIK ini.

Termasuk jika kamu rutin dengan menggunakan paylater di shopee misalnya atau payleter lain. Jangan sampai telat angsuran, karena keterlambatan berapa lama aplikasi tersebut akan melaporkan riwayat catatan debitur.

Post a Comment