Membeli Motor Secara Cash dan Kredit, Beda & Untungnya

NETpoin.com - Motor matic yang kian beragam membuat sebagian orang akan tergoda untuk upgrade motor matic mereka ke model terbaru. Namun ditengah ketidakpastian ekonomi global sebagian orang akan bimbang dalam memilih membeli motor kredit atau cash, sehingga informasi berikut ini bisa menjadi rujukan anda dalam mengambil keputusan akan membeli motor tunai atau kredit.

Melakukan pembelian motor impian secara cash merupakan suatu kebanggaan serta kepuasan tersendiri karena setiap orang mempunyai prinsip masing-masing dalam melakukan pembelian kendaran, ada yang menginginkan cicilan kredit di leasing motor, ada juga yang anti kredit karena riba atau faktor lain semisal lebih hemat dengan membeli motor secara cash.

Jika di telisik secara lebih lanjut, memang melakukan pembelian secara cash akan lebih hemat ketimbang membeli secara kredit dengan DP dan cicilan setiap bulan, sebagai contoh bandingkan simulasi perhitungan motor kredit dan cash secara tunai sebagai berikut:

Cara Membeli Motor Secara Cash dan Kredit


Perbandingan Pembelian Motor Cash dengan Kredit

Simulasi ini akan memberi gambaran anda tentang perbandingan cash dan kredit motor. Dalam simulasi ini menggunakan harga unit motor yang sama dan tahun pengambilan unit yang sama, sebagai sample pembelian dari brand H tipe matic Be*t dengan OTR motor: Rp 17.913.000,- (tahun 2022)


Simulasi Motor Kredit

*Anda bisa dapatkan brosur cicilan di dealer masing-masing kendaraan

*Semakin besar DP semakin kecil cicilan

*Semakin Panjang tenor semakin kecil cicilan 

*Semakin Pendek Tenor semakin kecil bunga

*Harga OTR berbeda-beda di tiap wilayah


- Harga OTR: Rp 17.913.000,-

- DP: 3.000.000

- Tenor: 35 Bulan (3 Tahun)

- Cicilan Per Bulan: 782.000 x 35 = 27.370.000

- Total: 3.000.000 + 27.370.000 = Rp 30.370.000,-


Simulasi Motor Cash

- Harga OTR: Rp 17.913.000,-

- Potongan/Discount : Jika ada

- Total : Rp 17.913.000,- 


Dari simulai diatas dapat disimpulkan kelebilan membeli motor secara cash jelas akan lebih murah ketimbang sistem kredit karena ketiadaan bunga cicilan yang di tanggung saat pembelian cash/tunai.

Faktor pertimbangan lainya ialah harga kendaraan setelah anda beli akan mengalami penyusutan setiap tahunya atau lebih di kenal penurunan harga motor, bergantung kondisi fisik dan mesin motor anda. 

Sehingga setelah motor cicilan tersebut lunas (dalam tahun ke 3) maka harga motor mengalami penirunan, dimana ketika anda akan menjual motor tersebut total cicilan motor dikurangi harga pasaran motor di tahun tersebut.


Cara Membeli Kendaraan Tanpa Kredit?

Bila di asumsikan anda memutuskan untuk menghindari kredit, maka cara ini bisa anda terapkan untuk membeli motor impian anda, yaitu dengan cara konsisten menabung.

Sebagai contoh Anda konsisten menabung 800.000,- setiap bulan selama 24 bulan (2 tahun) maka uang yang terkumpul adalah Rp 19.200.000,- Dengan begitu kurang dari 2 tahun anda sudah bisa membeli motor secara cash untuk harga unit motor di rate 17 jutaan.


Cara Membeli Motor Cash di Dealer Resmi

Ingat, jika marketing menawarkan untuk cicilan dan barang langsung di kirim, atau mengarahkan ke kredit dengan bonus/cashback/potongan menarik jangan tergiur dan hiraukan, karena tujuan anda adalah pembelian secara CASH. Adapun cara pembelian motor secara cash dengan pertanyaan-pertanyaan sebagai berikut.


  • Membawa identitas KTP pribadi anda.
  • Datang ke dealer tujuan daerah anda.
  • Kunjungi ke bagian Penjualan/Marketing/CS Dealer
  • Menanyakan ketersediaan unit motor yang di inginkan
  • Mengutarakan akan membeli motor secara cash / tunai.
  • Tanyakan jika ada potongan pembelian motor cash
  • Menanyakan jika unit ready dapat di kirim kapan?
  • Menanyakan jika unit Inden berapa lama dan DP berapa?
  • Jika unit ready lanjut cek fisik motor dan memilih warna.
  • Tanyakan bonus/gift yang di dapat
  • Jika sudah lakukan transaksi pembayaran cash (tunai/transfer)
  • Minta kuitansi/faktur pembayaran asli dan berkas pendukung lain
  • Menanyakan plat nomor dan stnk ready diambil kapan.
  • Selesai dan tunggu pengiriman unit ke rumah anda.


Cara Membeli Motor Secara Kredit di Leasing 

Namun keadaan, sudut pandang dan gengsi masing-masing orang sangatlah berbeda, anda juga tetap bisa melakukan pembelian kendaraan secara kredit dengan catatan telah mempertimbangkan secara matang pengeluaran ada untuk beberapa tahun kedepan hingga akhir angsuran motor.

Selain itu lakukan perhitungan berapa dana maksimal yang siap anda setorkan setiap bulan untuk mengangsur. Berikut beberapa poin cara beli motor secara kredit.


  • Pra kredit simulasi di situs website (cari di google) / langsung ke Dealer
  • Fotocopy KTP pemohon & suami / istri / penjamin
  • Fotocopy Kartu Keluarga (bisa digantikan dengan surat nikah atau akte kelahiran)
  • Bukti Kepemilikan Rumah / Bukti Tempat Tinggal
  • Dokumen lain (jika diperlukan)
  • Proses Analisa / Persetujuan kredit bisa 1-3 Hari kerja
  • Akad kredit kendaraan bermotor oleh leasing
  • Melakukan DP awal dan penyerahan bukti kuitansi
  • Penyerahan kendaraan ke calon pemilik


Pastikan anda datang ke dealer terpercaya di kota anda atau dealer official resmi brand motor honda, Yamaha, Kawasaki dan lainya. Jangan lupa untuk menyimpan berkas administratif terkait kendaraan anda sebagai bukti sah kepemilikan kendaraan bermotor.

Jika kendaraan telah di kirimkan Anda dapat meminta petugas dealer untuk mengajarkan tata cara penggunaan motor keyless, cara perawatan motor secara berkala dan juga indicator malfungsi kendaraan.

Demikian sedikit gambaran dan tips dalam pembelian motor tunai maupun kredit, semoga dapat memberi sedikit pencerahan kepada Anda dalam mengambil pertimbangan untuk meminang motor impuan.

Post a Comment