Pilih Kuliah Reguler Pagi atau Kuliah Sore? Ini bedanya

NETpoin.com - Pilihan kuliah pagi atau kuliah sore tentunya menjadi dilema tersendiri bagi sebagian orang saat akan menentukan masuk PTN atau PTS yang di harapkan, tak sedikit yang langsung memutuskan untuk ambil reguler pagi.

Tapi ada juga yang mempertimbangkan mengambil kelas sore atau biasa disebut kuliah kelas karyawan. Lalu apa bedanya kuliah pagi dengan kuliah sore?

Perbedaan Kuliah Reguler Pagi dengan Kuliah Sore


Jenis Pilihan waktu Kuliah

Berdasarkan dari jadwal jam kehadiran mahasiswa/i. Dalam perkuliahan terdiri dari setidaknya 3 pilihan kelas kuliah pada jurusan atau fakultas yang di tuju, yaitu:

  • Kelas kuliah reguler (pagi)
  • Kelas kuliah karyawan (sore)
  • Kelas kuliah karyawan sabtu minggu (weekend)

Dimana masing-masing pilihan kelas ini dapat dipilih oleh siapa saja mahasiswa yang ingin mendaftar pada kampus tersebut, tidak ada persyaratan khusus karena tergantung kebutuhan dan minat dari siswanya.

Selain waktu dan hari kehadiran, perbedaan masing-masing kelas ini ada di metode bayar dan biaya pendidikan yang di tempuh.


Perbedaan Kuliah Pagi dengan Kuliah Sore

Hampir tidak ada perbedaan yang berarti untuk kedua pilihan kelas pagi dan kelas karyawan sore dari sisi kurikulum yang diberikan kampus dan juga SKS yang wajib di selesaikan oleh mahasiswa.

Perbedaan mencolok tentu ada di sisi jam biologis anda dalam menjalankan kuliah dan tenggat waktu antar SKS yang mungkin sedikit agak ramping pada kelas karyawan sore.

Jam masuk kuliah sore biasanya dilaksanakan diantara jam 17:00 hingga jam 21:30 dimana tenggang ini relatif lebih singkat daripada jam kuliah reguler pagi. Selain itu jadwal masuk kuliah sore dilaksanakan setiap senin sampai jumat.

Untuk kelas kuliah sore, perbedaan lain biasanya ada pada metode pembayaran kuliah yang dilakukan, yaitu tiap sebulan sekali. Skema pembayaran "spp" bulanan ini biasa diadopsi oleh perguruan tinggi swasta / PTS di kota anda yang tidak menerapkan UKT atau uang kuliah tunggal dengan pembayaran per semester.

Jam kuliah sore sangat jarang diadopsi universitas negeri dan sekolah akademi/potiteknik kedinasan, walaupun diantaranya mengadopsi pun hanya fakultas dan jenjang tertentu saja. 

Jadi kamu bisa pastikan dahulu untuk mendapatkan informasi terkait yang bisa di akses di website resmi masing-masing universitas atau melalui contact center kampus.


Mana Yang Cocok Untuk Anda?

Prioritas masing-masing individu sangatlah berbeda, dalam hal ini anda tentu punya sudut pandang untuk menentukan pilihan waktu kuliah yang terbaik bagi anda dengan segala konsekuensinya, semisal.

Kuliah sore sangat cocok jika anda tidak hanya ingin sekedar kuliah, tetapi secara paralel juga bekerja sebagai karyawan saat pagi hingga sore hari karena membiayai kuliah dengan uang sendiri. Atau fokus berbisnis dan berwirausaha pada jam kerja pagi.

Sedangkan kuliah reguler pagi sangat cocok untuk anda yang hanya berfokus pada kuliah dengan dukungan biaya yang telah tersiapkan dengan baik, karena kuliah reguler pagi seperti layaknya sekolah pada umumnya dengan jam kehadiran antara jam 08:00 sampai jam 15:30 sore.

Terakhir kelas kuliah weeked (sabtu-minggu) cocok untuk anda yang hanya menyisakan waktu luang di hari weekend, dengan mengesampingkan waktu libur anda dengan mengisi untuk hal pendidikan.

Jadi lebih baik pilih kuliah pagi, kuliah sore atau weekend? Semua kembali pada sisi prioritas terbaik anda.

Post a Comment