5 Langkah Awal Trading Saham untuk Pemula Tips Investasi

Investasi Trading Saham untuk Pemula - Netpoin.com

NETpoin.com - Berinvestasi merupakan langkah ekspansi financial dengan harapan memperoleh profit dari investasi yang ditanam atau dilakukan. Tersedia banyak macam dan jenis dalam investasi dan salah satunya adalah Trading Saham. Beberapa metode trading yang mungkin dapat dicoba oleh seorang pemula sesuai dengan kebutuhan mereka.

Mungkin pertanyaan ini sering menjadi pertanyaan yaitu, bagaimana cara memulai trading saham untuk pemula agar memperoleh hasil yang maksimal?

Ada banyak sekali informasi seputar tutorial mengawali trading saham perlu diketahui khususnya untuk Anda pemula atau baru memulai. Sehingga sebelum memulai berinvestasi, langkah awal untuk trading saham adalah mempersiapkan diri Anda untuk mengenal dan belajar dasar dasar trading saham dan kondisi pasar saat ini.

Dimasa kini trading saham tidak sesulit dan rumit yang dibayangkan, karena ada banyak pilihan untuk Anda bisa melakukan trading online melalui aplikasi Smartphone Android dan IOS milik Anda, sehingga lebih mudah dan praktis untuk memulai trading dalam genggaman, apalagi bisa dengan modal kecil.

Tips berikut bisa menjadi poin penting untuk Anda dalam mengawali trading saham. Simak informasi selengkapnya pada ulasan berikut ini.


1. Memilih Sekuritas yang Baik

Ketika hendak menjatuhkan pilihan pada saham, kebanyakan dari mereka akan menggunakan yang namanya pialang saham dan mengenakan biaya untuk setiap transaksi yang dilakukan. Dengan demikian, pilihlah sekuritas yang memberikan persentase biaya yang lebih rendah terlebih dahulu misalnya 0,2% dari total pembelian saham nantinya. Dimana ini bertujuan untuk memastikan cara memperdagangkan saham Anda lebih baik dan keuntungan yang lebih optimal.


2. Perencanaan Periode Trading Saham

Trading saham memiliki dua cara yakni long term dan short term. Dalam periode jangka pendek (short term ) meski memiliki resiko kerugian yang lebih besar namun peluang untuk memperoleh keuntungannya adalah lebih cepat karena bisa harian. Sedangkan untuk periode jangka panjang memiliki peluang memperoleh keuntungan yang lebih besar ketika memperdagangkan saham, apabila saham mempunyai reputasi, kinerja dan fundamental yang baik.


3. Menentukan Indeks Saham

Yang ketiga adalah menentukan indeks saham yang tepat. Dapat anda ketahui, setidaknya terdapat sekitar 22 jenis indeks saham yang sudah tercatat di BEI (Bursa Efek Indonesia). Anda bisa pelajari tentang jenis indeks saham yang umumnya digunakan oleh operator saham ini.

Misalnya, beberapa diantaranya adalah LQ45 dan IDX30. Nah, LQ45 merupakan salah satu jenis indeks saham di Bursa Efek Indonesia yang mencangkup 45 perusahaan. Sedangkan IDX30 adalah 30 saham yang memiliki likuiditas tertinggi. Keduanya memiliki sifat yang sangat liquid serta didukung oleh perusahaan yang berkualitas dan dapat dipercaya.


4. Perbanyak Literasi & Perhitungkan Modal

Bagi anda pemula, tidak semua metode trading saham bisa seperti yang diharapkan dan berjalan dengan efektif. Ada baiknya baiknya anda pemula, tidak terburu-buru nafsu dan lebih banyak mempelajari dan bersabar. Disarankan untuk mengeluarkan modal dalam jumlah yang kecil terlebih dahulu. Seraya waktu berjalan dan pengetahuan Anda terus meningkat barulah menambah jumlahnya modal untuk di investasikan.

Jikalau pun rugi pastikan Anda telah memahami resiko ini agar tidak stres dan menjadi beban tersendiri dalam hidup Anda, oleh karenanya pastika management modal dapat Anda atur sebaik mungkin sehingga siap baik untung maupun rugi. Dengan 

Melakukan penurunan rata-rata dengan cara membeli saham yang saat itu nilainya sedang rendah atau turun bisa menjadi solusi. Sehingga Anda masih bisa mendapatkan keuntungan bahkan saat kondisi pasar sudah kembali stabil nanti bahkan meningkat.


5. Realistis dan Analisis

Terakhir analisa fundamental saham bisa menjadi poin penting untuk anda terapkan karena tidak hanya memiliki kepercayaan diri dan penerapan pemahaman trading, tetapi juga menganalisis tingkat keamanan, resiko dan potensi dari saham-saham yang telah dipelajari.

Kepercayaan diri akan bertumbuh seiring dengan jam terbang Anda dalam dunia trading. Oleh sebab itu, mempersiapkan modal saja tidak cukup, harus diimbangi dengan pengetahuan analisis yang cukup lalu pengalaman yang akan membantu Anda mencapai profit secara maksimal.

Investasi saham dewasa kini memang menawarkan sejumlah keuntungan yang menggiurkan, tetapi Anda harus ketahui jika para trader yang sukses juga tidak selalu memperoleh keuntungan setiap melakukan jual beli atau transaksinya. Beberapa diantaranya bahkan mengalami kerugian hingga 40% sampai 60% dari keseluruhan investasi trading.

Disinilah perlunya manajemen resiko yang baik, agar tetap bisa mengoptimalkan keuntungan untuk menutupi kerugian. Jadi apabila sesekali gagal dalam melakukan trading saham, Anda tidak frustasi dan berlarut sehingga terus belajar mengasah kemampuan Anda, serta manfaatkan untuk melihat peluang dan kesempatan baik selanjutnya.

Konklusi

Kesuksesan dalam dunia trading tidak bisa serta merta terwujud hanya karena modal, namun perlu usaha dan strategi yang pas. Poin terakhir dari cara memulai trading saham diatas sangat penting untuk selalu di ingat. 

Ya, setiap jenis usaha selalu membutuhkan ketekunan dan kesabaran untuk membuahkan hasil yang baik. Terpenting saat Anda memulai, pikirkan terlebih dahulu setiap keputusan trading yang akan Anda implementasikan dengan pikiran yang jernih.

Post a Comment